Daftar Pinjol Resmi Ojk 2022 Bersama Data Pelaksanaan & Website Resmi

  • on February 5, 2022

tirto.id – Daftar pinjol resmi OJK 2022 versi terkini sudah dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan pada 7 Januari lalu. Di daftar itu, termuat lebih menurut 100 nama perusahaan pinjol (pinjaman online) yang tercatat sudah berizin pada OJK, beserta alamat situs web resmi & data aplikasinya.
Layanan pinjol yang disebut jua dengan Fintech Peer to Peer (P2P) Lending, atau Fintech Lending, pada dasarnya merupakan bisnis yang mempertemukan pemberi pinjaman (kreditur) dengan penerima utang (debitur) menggunakan sarana platform digital.
Singkatnya, perusahaan Fintech Lending beroperasi menggunakan mengumpulkan dana menurut para investor. Lantas, dana itu disalurkan kepada peminjam yg mendaftar secara online melalui situs juga pelaksanaan.
Secara resmi, mengutip kitabsaku literasi keuangan terbitan OJK, kegiatan Fintech P2P Lending meliputi jasa-jasa yg berupa menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan pinjam-meminjam uang berbasis online, atau teknologi informasi. Adapun asal dana pinjaman dari pemberi utang yg dikoordinir sang perusahaan pinjol.
Di Indonesia, penyedia layanan pinjol bisa disebut resmi jika sudah terdaftar atau berizin di OJK. Adapun regulasi yang mengatur operasional pinjol adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77 Tahun 2016. Beleid yang terbit dalam 28 Desember 2016 tersebut sejalan menggunakan kebijakan pemerintah yang mengoptimalkan potensi ekonomi digital.
Merujuk ketentuan pada POJK 77/2016, perusahaan pinjol resmi memiliki sejumlah kewajiban, yang terbagi jadi 3 kategori sebagai berikut:
1. Kewajiban Umum Pinjol Resmi
Menggunakan rekening escrow dan virtual account pada perbankan Indonesia;
Data center & data recovery center berlokasi pada Indonesia;
Menjaga data langsung, data transaksi, & data keuangan yg dikelolanya;
Maksimum penyaluran dana Rp2 miliar kepada tiap penerima pinjaman;
Menyampaikan laporan terpola kepada OJK sesudah mendapatkan tanda terdaftar;
Punya minimal 1 Direksi & 1 Komisaris yang berpengalaman minimal 1 tahun pada industri jasa keuangan;
Memiliki asal daya manusia yang mempunyai keahlian &/ atau latar belakang pada bidang IT.

2. Kewajiban Pinjol Resmi saat Pendaftaran Badan Hukum
Memiliki kapital disetor paling sedikit Rp1 Pinjaman online resmi ojk miliar;
Platform penyelenggara terdaftar pada Kementerian Komunikasi & Informatika;
Memiliki rencana umum terhadap penyelesaian hak dan kewajiban bila status terdaftar dicabut;
Melengkapi dokumen pendukung.

3. Kewajiban Pinjol Resmi saat Mengajukan Izin ke OJK
Memiliki modal disetor paling sedikit Rp2,5 miliar;
Telah terdaftar hingga dengan 1 tahun di OJK;
Platform penyelenggara telah tersertifikasi di Kementerian Komunikasi & Informasi;
Memiliki planning detail terhadap penyelesaian hak dan kewajiban bila perizinan dicabut;
Memiliki planning bisnis tahunan;
Memiliki kelengkapan dokumen pendukung, pemegang saham, & prosedur Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU & PPT);
Melakukan pelunasan biayaperizinan.
Selain itu, terdapat sejumlah larangan bagi perusahaan pinjol yang diatur pada POJK 77/2016. Larangan bagi perusahaan pinjol merupakan berikut adalah:
Melakukan aktivitas usaha selain layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi fakta;
Memberikan fasilitas aktivitas pinjam meminjam dalam mata uang asing;
Bertindak menjadi kreditur (lender/ pemberi dana) maupun debitur (borrower/ peminjam);
Memberikan agunan pada bentuk apapun;
Mengalihkan atau memperjualbelikan pinjaman;
Menerbitkan surat utang;
Mempublikasikan keterangan fiktif dan/ atau menyesatkan;
Melakukan penawaran melalui wahana eksklusif tanpa izin menurut lender juga borrower;
Mengenakan porto pengaduan.
OJK juga telah memberikan perintah tertulis tentang larangan bagi perusahaan pinjol mengakses data pengguna (pemberi dan penerima pinjaman) melalui aplikasi selain data-data yg diperoleh melalui kamera, mikrofon, dan lokasi. Hal ini dilakukan buat menghindari akses data yang tidak relevan dan berpotensi adanya penyalahgunaan data langsung oleh penyelenggara pinjol. Tindakan seperti penagihan utang dengan cara intimidatif, ancaman, dan kekerasan, dan pelanggaran hukumlainnya pula dihentikan oleh OJK.
OJK mengimbau wargabuat selalu menggunakan jasa penyelenggara fintech lending yg sudah berizin di Otoritas Jasa Keuangan. Masyarakat sanggup mengirim aduan terkait layanan pinjol ke kontak OJK di angka telepon 157 atau layanan whatsapp 081-157-157-157.Daftar Pinjol Resmi OJK 2022: Data Nama, Website, Aplikasi
Daftar pinjol resmi yang dirilis OJK dalam awal tahun ini adalah data yg sudah diperbarui hingga lepas tiga Januari 2022. Data itu memberitahuakn, hingga Januari 2022, masih ada 103 perusahaan pinjol berizin di OJK.
Tidak seperti data periode tahun lalu, kali ini tidak terdapat perusahaan pinjol menggunakan status hanya terdaftar pada OJK. Di daftar yg sama, juga ada 2 nama baru perusahaan pinjol berizin, yakni PT Pintar Inovasi Digital & PT Mapan Global Reksa.
Selain itu, OJK pun baru saja membatalkan tanda bukti terdaftar fintech P2P lending milik PT Kas Wagon Indonesia dikarenakan tidak memenuhi ketentuan Pasal 10 POJK Nomor 77/POJK.01/2016.
Berdasarkan data OJK yg diperbarui per lepas tiga Januari 2022, berikut daftar 103 pinjol berizin bersama data alamat situs resmi & jenis aplikasinya.
Daftar Pinjol Resmi OJK 2022 (Update Januari 2022)
Penulis: Addi M IdhomPenyelia: Iswara N Raditya

Article Categories:
Bisnis

Comments are closed.